Home / Kesehatan / Penyakit Maag – Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya

Penyakit Maag – Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengobatinya

Penyakit Maag – Siapa yang tidak tahu dengan penyakit maag? Hampir semua orang mengalami penyakit maag. Dimana penyakit ini, penyakit yang menyerang lambung yang diakibatkan karena pola makan yang tidak teratur. Sehingga membuat seseorang menderita penyakit maag.

Adapun, biasanya gejala yang ditimbulkan juga tidak main-main. Sehingga akan membuat kesehatan Anda juga akan mengalami gangguan. Biasanya gejala yang paling umum yaitu rasa nyeri pada perut yang disertai dengan rasa terbakar. Sehingga membuat perut juga merasa tidak nyaman. Nah, untuk itulah Anda juga harus mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit maag, selengkapnya simak ulasan singkat di bawah ini!

Penyakit Maag

Di bawah ini ada beberapa penjelasan mengenai penyakit maag yang wajib Anda ketahui. Adapun beberapa penjelasan tersebut diantaranya:

Penyebab Penyakit Maag

Seperti yang telah diketahui, bahwa sakit maag merupakan salah satu gejala iritasi lambung yang mengakibatkan perut akan mengalami sakit, nyeri,  bahkan nyeri yang dialami berasa seperti rasa terbakar. Dengan begitu, tak heran jika banyak sekali orang yang tidak tahu bahwa sebenarnya apa penyebab dari sakit maag ini? sebab anggapan kebanyakan orang, sakit maag diakibatkan kerana seseorang tidak makan dengan teratur. Dan juga akibat pola makan yang tidak sehat. Padahal ada beberapa penyebab dari sakit maag lain yang bisa Anda jadikan sebagai pengetahuan. Dengan mengetahuinya, Anda sangat disarankan untuk tidak melakukan hal-hal ini. Sebab tentunyaAnda juga akan mengalami sakit maag. Lalu, apa saja penyebab lain dari penyakit maag ini. Adapun beberapa penyebabnya diantaranya:

  • Penyebab yang utama yaitu akibat pola makan yang tidak teratur.
  • Memiliki beban pikiran yang berlebihan, stress dan gangguan emosional.
  • Kelelahan atau kurang istirahat.
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang membahayakan kesehatan tubuh.
  • Merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengingkatkan produksi asam lambung, yang akan mengakibatkan asam lambung menjadi naik.
  • Memakai pakaian yang terlalu ketat.
  • Makan antara 2-3 jam sebelum tidur.
  • Makan dengan porsi yang terlalu banyak.
  • Serta, diakibatkan karena tertular oleh bakteri helicobacter pylori.

Gejala Penyakit Maag

Dengan banyaknya penyebab tersebut, tentunya Anda juga harus menghindari beberapa penyebab tersebut. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit maag ini. Sebab pada kenyataannya masih banyak sekali orang yang menganggap bahwa penyakit ini tergolong penyakit yang biasa. Padahal jika tidak segera diatasi, tentunya maag ini akan naik tingkatan hingga menjadi maag kronis, yang akan memunculkan gejala yang lebih parah. Sehingga memang sangat disarankan untuk Anda mengetahui gejala yang ditimbulkan dari penyakit maag ini. Jika Anda mengetahui gejalanya, dan Anda merasakan gejala-gejala berikut ini, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Nah, mengenai gejala dari penyakit maag diantaranya:

  • Penurunan berat badan secara drastis, dan tanpa penyebab yang jelas.
  • Susah bernapas atau sesak nafas.
  • Muntah dan muntah darah.
  • BAB berdarah atau berwarna gelap.
  • Perubahan selera makan.
  • Intolerensi lemak makanan.
  • Perasaan kembung atau seirng bersendawa
  • Nyeri bagian perut dengan perasaan rasa terbakar.
  • Sering pingsan.
  • Serta, mengalami mual.

Cara Mengobagi Penyakit Maag

Setelah Anda mengetahui, mengenai penyebab dan juga gejala yang ditimbulkan oleh penyakit maag. Tentunya Anda juga ingin mengetahui juga, pengobatan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit maag. Sebab seperti yang telah diketahui, bahwa penyakit maag juga termasuk penyakit yang memiliki gejala yang sangat mengkhawatirkan. Sehingga memang pengobatan harus dilakukan meskipun secara alami atau pun obat-obatan. Adapun obat yang bisa Anda gunakan diantaranya:

Menggunakan Sarang Semut

Cara mengobati yang pertama yaitu dengan menggunakan sarang semut. Siapa yang tidak mengenal, sarang semut. Sarang semut banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit. Tak terkecuali penyakit maag, dimana sarang semut mengandung senyawa antif tokoferol dan polifenol  serta beragam beragam mineral yang lainnya yang mampu menormalkan kadar asam lambung dalam tubuh. Sehingga membuat sarang semut bisa Anda gunakan untuk mengatasi penyakit maag.

Obat-Obatan

Selain dengan menggunakan  sarang semut, obat-obatan juga bisa menjadi salah satu caranya. Biasanya dokter akan memberikan antibiotik yang berguna untuk mengatasi infeksi maag yang diakibatkan oleh bakteri. Atau dokter juga akan meresepkan obat yang menurut dokter sesuai dengan sakit maag yang Anda derita.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit maag yang bisa Anda ketahui. Dengan mengetahuinya, tentunya Anda akan selau berhati-hati untuk menjaga kesehatan tubuh. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

About jamil

Check Also

Penyakit Tumor Lambung - Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Tumor Lambung – Gejala Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Tumor Lampung – Tahukah Anda jika penyakit tumor lambung tersebut berbahaya? Tentunya nenurut kami …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *