Home / Travel / Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

Surga Tersembunyi di Kaki MahameruMendaki Gunung Semeru merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan. Gunung yang berada di Jawa Timur ini merupakan salah satu destinasi wisata yang memukau dan terkenal akan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Salah satunya di kaki gunungnya. Terdapat surga tersembunyi yang menjadi daya tarik di kaki Gunung Semeru. Ranu Kumbolo adalah surga tersembunyi tersebut yang memiliki pemandangan alam memukau. Tidak hanya sekedar danau alam saja, namun pesonanya memiliki daya tarik besar.

Ranu Kumbolo memiliki hamparan pemandangan yang memukau. Disini terdapat air danau yang jernih dengan hijau pemandangan yang khas. Karena menjadi sumber air bersih, tidak heran banyak pendaki yang beristirahat dan bermalam disini. Ranu Kumbolo kian terkenal setelah banyak postingan di media sosial. Banyak pendaki yang tidak melewatkan diri untuk bermalam disini. Apa saja pesona yang dimiliki Ranu Kumbolo ini, berikut beberapa ulasannya.

Ranu Kumbolo, Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

1. Akses menuju Ranu Kumbolo

Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Secara administratis, Ranu Kumbolo berada di Kabupaten Lumajang, dan Malang. Bagi yang diluar Jawa Timur bisa menggunakan jalur udara menuju Malang. Jika menggunakan perjalanan darat bisa dengan kereta api menuju stasiun kota baru. Setelah sampai di Malang anda bisa mencari tumpangan atau angkutan menuju desa Tumpangan kemudian setelah sampai di terminalnya barulah menyewa mobil Jeep untuk menuju kawasan Ranu Pani kemudian sampai di Ranu Kumbolo.

2. Perjalanan Menuju Ranu Kumbolo

Tiket masuknya cukup terjangkau hanya 10 ribu orang dan 20 rupiah per tendanya. Untuk mencapainya terdapat dua laternatif yang pernama melalui bukit Ayek-Ayek atau melalui Watu Rejeng. Jalur Watu Rejeng lebih mudah diakses namun waktunya lebih lama. Sedangkan Bukit Ayek-Ayek memiliki kondisi sebaliknya. Anda akan menyusuri perjalanan sepanjang 7 kilometer yang ditumbuhi bunga edelweis. Selain itu terdapat spot batuan yang indah serta pohon pinus yang yang terhampar luas di perjalanan menuju Ranu Kumbolo.

3. Yang Perlu diperhatikan ketika di Ranu Kumbolo

Saat malam hari, suhunya mencapai minus 5 derajat sehingga penting bagi anda untuk membawa jaket khusus agar tidak terkena hiportemia. Selain itu bawalah kantong plastik ketika berada disini agar anda tidak meninggalkan jejak sampah yang membuat keindahan alamnya hilang. Air di danau ini memang sangat jernih sehingga bisa langsung diminum. Namun dilarang keras untuk mandi, berenang dan buang air disekitar kawasan ini.

4. Pemandangan alam di Ranu Kumbolo

Memang tak berlebihan jika Ranu Kumbolo disebut sebagai surga tersembunyi. Pemandangan alam yang dimilikinya sangat memukau. Selain air danaunya yang jernih, hamparan bunga serta hijaunya pemandangan membuat banyak pendaki betah berlama-lama disini. Selain itu karena pemandangannya yang indah, banyak yang menjadikannya sebagai lokasi fotografi.

Itulah ulasan tentang keindahan Ranu Kumbolo yang menjadi tempat menarik di kaki Mahameru. Semoga menambah referensi liburan anda.

About jamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *